Serangga Predator Serang Warga

SURABAYA,- Beratus-ratus serangga Tomcat atau serangga predator, menyerang warga di Surabaya, beberapa diantaranya di area sekolahan di Daerah Kenjeran Surabaya dan Apartemen Eastcoast Laguna Indah, Pakuwon City.
Kasus yang terjadi di area sekolahan, Daerah Kenjeran Surabaya, serangga ini masuk ke dalam kelas dan menyerang sejumlah siswa sehingga menyebabkan bekas luka seperti penderita herpes. Hal ini mengganggu proses belajar mengajar. Tiba-tiba saja ratusan seranga Tomcat ini ada di SD Al-Muttaqien di Kenjeran, Surabaya.
Sebelas siswa di sekolah tersebut mengaku menemukan serangga tersebut pada Sabtu (17/3) ketika sedang mengambil barang di laci meja. Tiba-tiba si Tomcat menyerang dengan mengeluarkan cairan. Seperti yang diutarakan Anisa dan Tamara, yang menjadi korban.
Sedangkan di Apartemen Eastcoast Laguna Indah, Pakuwon City, serangga predator ini seringkali muncul saat usai masa panen padi dan tebu. Kisarannya antara Maret menuju April.
Terkait serangan serangga jenis Tomcat di perumahan elit Apartemen Eascoast ini, Komisi E DPRD Jawa Timur berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Jatim, untuk melakukan antisipasi meluasnya penyebaran serangga pemilik cairan beracun hemolim. Dewan minta segera disediakan vaksin dibeberapa titik penyebaran Tomcat. “Dalam koordinasi tersebut, penyediaan vaksin di beberapa titik penyebaran Tomcat harus bisa segera dilakukan,” kata anggota Komisi E DPRD Jatim, Achmad Iskandar, Senin (19/3).
Lalu apa identitas Tomcat atau si serangga predator ini?
Kabid Pertanian dan Kehutanan Dinas Pertanian Kota Surabaya, Alexander, menjelaskan, Tomcat merupakan musuh alami dari hama wereng. “Tomcat itu serangga predatornya tanaman padi atau musuh alami dr wereng dan kepik,” kata Alexander, Jumat (16/3).
Serangga yang berbentuk semacam semut bersayap ini seringkali muncul saat usai masa panen padi dan tebu. Kisaran Maret menuju April. Namun jika sampai menyerang warga, ini sudah menjadi wabah. Seperti yang terjadi pada Maret 2011 silam. Warga yang tinggal di kawasan Rungkut Penjaringan Sari dan Kenjeran juga mengalami serbuan Tomcat. Tomcat seringkali muncul saat hari menjelang petang. Saat itu warga menyalakan penerangan lampu.

sumber: suaramerdeka.com

berita terkait:

1. Hotel dipenuhi kecoa, pemiliknya didanda Rp 70 juta

2. Rayap paling berbahaya didunia

CONTACT US


Lihat Tanpa judul di peta yang lebih besar

Jl. Kyai Muhdi, Gg Rama No 129 A
Nayan, Maguwoharjo Depok,
Sleman, Yogyakarta

Phone : Yogyakarta : (0274) 9127271
Semarang : (024) 91022229
CP : 0818 0250 6345 (Jhony)

tapak3tuan@yahoo.co.id

Status YM Status YM Status YM

PROMO

Dapatkan perlindungan rumah anda dari serangan rayap, garansi, sampai dengan 5 tahun.

Silahkan masukkan email anda di sini :


Testimonial

Previous Next
Latest on Tue, 11:27 am

Eddy: Untuk daerah Solo apakah juga melayani.? Biaya untuk bangunan yang dalam tahap pembangunan berapakah.? Thanks..

riska: terima kasih atas commentnya pak habib, untuk pengendalian hama rayap baik itu rayap tanah maupun rayap kayu, kita perlu mengadakan surve. sehingga dengan adanya surve kita dapat [...]

habib: Pak. Kalo membasmi rayap tanah bisa? Perlu brp lama? Habib jl. Godean

Orecreawl: membaca seluruh blog, cukup bagus

riska: trimakasih atas commentnya, apabila ada bangkai susah diambil nanti kita bisa bantu untuk pengambilannya.

» Tulis Tetimonial