Membasmi Rayap

rayap2_1Ada makhluk tak diundang yang senang tinggal di rumah Kamu. Mereka hidup nyaman, berkembang biak dan membangun koloni. Kehadiran mereka merusak. Yang dirusak semua bagian bangunan yang terbuat dari kayu. Itulah rayap. Serangannya tergolong dahsyat. Jika dibiarkan, kayu akan keropos, tinggal kulitnya saja.

Rayap suka hidup di tempat-tempat gelap dan lembab. Seperti gudang yang selalu tertutup, garasi mobil, dak atau loteng yang terkena bocoran air, serta tempat cucian atau washtafel. Saat musim penghujan tiba, rayap berpesta pora.

Laron yang mengerubungi lampu di rumah pada malam hari saat musim hujan adalah cikal bakal rayap. Laron-laron itu akan bermetamorfosis menjadi rayap. Kualitas kayu yang makin menurun juga berperan membuat rayap leluasa berbiak.

Tanda-tanda
Rayap menyerang semua jenis kayu. “Yang sulit mereka gerogoti hanya kayu jati dan merbau karena ada zat mematikannya. Selain itu baunya menyengat bagi rayap,” ujar E. Boyle, Ketua Asosiasi Pest Control yang juga Direktur PT Dim*ensi Indo*nusa, sebuah perusahaan jasa pembasmi rayap.

Kehadiran rayap gampang dikenali. Pertama, jika terdapat butiran halus seperti pasir berjatuhan ke lantai. Setelah dibersihkan butiran itu kembali berguguran.
Kedua, ada suara kresek-kresek di bangunan rumah yang terbuat dari kayu. Ketiga, ada gundukan tanah memanjang dari atas ke bawah di tembok rumah.

Cara mengatasi
Rayap bisa diatasi dengan dua metode. Pertama, metode konvensional dengan menggunakan bahan kimia. Yaitu, dengan menyemprotkan bahan kimia antirayap pada lapisan tanah pondasi sebelum rumah dibangun, guna mencegah rayap menyusup ke dalam bangunan. Atau, dengan mengebor sisi kanan dan kiri pondasi pada bangunan yang sudah jadi dan menyemprotkan bahan kimia ke situ. Cara lain, dengan menyemprot langsung permukaan komponen kayu. Yang paling ideal, kombinasi berbagai cara itu.

Metode lain, dengan memberi umpan bahan yang disenangi rayap yang sudah dicampur bahan kimia antirayap. Umpan-umpan itu dipasang di sekeliling bangunan atau di titik yang terinfeksi rayap. Sejumlah rayap akan memakannya, untuk selanjutnya budaya ‘transfer makanan’ (tropolaxis) pada makhluk itu, akan menyebarkan umpan tersebut ke rayap yang lain.

Bahan kimia pembasmi rayap atau umpan rayap mudah didapat di pasaran. Sebutlah misalnya alfametrin, sipermetrin, imidaclotrin, lamdasalotrin dan venfalarat. Kalau malas melakukan sendiri, Kamu bisa menyewa perusahaan jasa pembasmi rayap. Iklannya banyak di koran-koran. Tarifnya sekitar Rp 150.000/meter persegi, sudah termasuk obat dan jasa kontrol sebulan kemudian. Bila saat dikontrol rayap masih merajalela, gratis pemasangan umpan atau penyemprotan ulang.

sumber:http://duniavenus.com/sekilas-info/membasmi-rayap

CONTACT US


Lihat Tanpa judul di peta yang lebih besar

Jl. Kyai Muhdi, Gg Rama No 129 A
Nayan, Maguwoharjo Depok,
Sleman, Yogyakarta

Phone : Yogyakarta : (0274) 9127271
Semarang : (024) 91022229
CP : 0818 0250 6345 (Jhony)

tapak3tuan@yahoo.co.id

Status YM Status YM Status YM

PROMO

Dapatkan perlindungan rumah anda dari serangan rayap, garansi, sampai dengan 5 tahun.

Silahkan masukkan email anda di sini :


Testimonial

Previous Next
Latest on Tue, 11:27 am

Eddy: Untuk daerah Solo apakah juga melayani.? Biaya untuk bangunan yang dalam tahap pembangunan berapakah.? Thanks..

riska: terima kasih atas commentnya pak habib, untuk pengendalian hama rayap baik itu rayap tanah maupun rayap kayu, kita perlu mengadakan surve. sehingga dengan adanya surve kita dapat [...]

habib: Pak. Kalo membasmi rayap tanah bisa? Perlu brp lama? Habib jl. Godean

Orecreawl: membaca seluruh blog, cukup bagus

riska: trimakasih atas commentnya, apabila ada bangkai susah diambil nanti kita bisa bantu untuk pengambilannya.

» Tulis Tetimonial